Sabtu, 29 Agustus 2009

Sekilas tentang Windows Vista

1. Windows Vista

merupakan sistem operasi graphical yang di gunakan pada personal komputer, baik untuk perumahan dan dan bisnis, notebook komputer, tablet PC, dan Media center. Windows di umumkan pada tanggal 22 juli 2005 dengan nama codename “Longhorn”. Pada tanggal 8 November 2006 selesai di develop, dan tanggal 30 January 2007 telah siap untuk di perjual belikan.

2. Apa sih yang baru dengan Windows Vista

beberapa fasilitas yang di tawarkan didalam windows vista
o GUI
Windows Aero ; ini feature yang membuat window lebih menarik, karena dengan feature ini window akan terlihat transparan disertai animasi- animasi yang indah.
Windows Shell; feature ini sangat berbeda dengan windows Xp baik dari segi pengorganisasian, navigasi maupun kemampuan.
instant search ; memiliki kecepatan dan ke-akuratan dalam pencarian data yang kita inginkan di banding versi terdahulu.
Windows IE7 ; GUI baru, tabbed browsing, RSS, search box, Quick tabs (melihat semua tab-tab yang terbuka ), Anti-phishing, security protection yang lebih lengkap, dan lain- lain.
backup dan restore center ; memungkinkan pemakai untuk membackup dan merestore kembali file-file di dalam komputer sekehendak pemakai (terjadwal). Dan jika anda menggunakan versi Ultimate, businnes, dan Enterprise) terdapat fasilitas complete backup yang membackup isi dari komputer ke bentuk image.
Built-in HDD partition management; merupakan sebuah utility untuk memodifikasi HDD (kayak si Partition Magic).
o Core Tehnologies
Ready boost dan Ready drive ; mempercepat flash memory untuk meningkatkan kemampuan dengan caching program- program dan data yang sedang digunakan.
WDDM (Windows Display Driver Model) ; untuk graphic 3D. untuk memfasilitasi Desktop Windows Manager baru dan efect – efect khusus pada Windows Aero. Dengan WDDM versi 1.0 kita bisa menginstall driver tanpa harus restart dan recover driver.
Security ; peningkatan security merupakan tujuan utama dari windows vista, sehingga pengguna lebih percaya terhadap product ini.
o dll

3. Kebutuhan Hardware yang diperlukan untuk Instalasi Vista

instalasi Vista di bagi menjadi 2 yaitu yang vista capable dan vista Premium Ready. Perbedaan keduanya terletak pada feature yang akan di pasang dan graphics yang di hasilkan.

Vista capable :
o Processor : 800 Mhz
o RAM : 512 Mb
o Graphic Card : DirectX 9
o HDD : 20 Gb
o Free HDD : 15 Gb
o DVD-ROM

Vista Premium Ready :
o Prosessor : 1Ghz
o RAM: 1 Gb
o Graphic Card : Direct 9 dan mendukung Hardware Pixel Shader v2.0 dan WDDM 1.0 driver.
o Graphic Memory : 128 Mb RAM atau 256 Mb
o HDD : 40 Gb
o free HDD: 15 Gb
o DV-ROM

Memang dengan windows vista pemakai di manjakan dengan feature- feature dan GUI yang enak dipandang, tapi di lain sisi pemakai juga harus menyediakan Hardware dengan spesifikasi yang lumayan tinggi untuk bisa menikmatinya.


Tulisan ini dikirim pada pada Rabu, Juli 18th, 2007 7:59 am dan di isikan dibawah Komputer. Anda dapat meneruskan melihat respon dari tulisan ini melalui RSS 2.0 feed. Anda dapat merespon, or trackback dari website anda.

Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More