This is default featured post 1 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured post 2 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured post 3 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured post 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured post 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
Kamis, 15 Oktober 2009
Ini Dia Virus Berbahaya Berisi Foto Rahasia Jacko
Senin, 12 Oktober 2009
Sejarah Worm dan Virus
1.Komputer dapat bekerja secara binary
2.Program komputer dapat disimpan didalam memorySetelah mesin komputer elektronik ini terlahir Von Neumann juga membuat ide yang sangat mengejutkan pada masa itu(sekitar tahun 1949),yaitu dia menduga bahwa program dapat juga dibuat seperti makhluk hidup yaitu mereplikasikan dirinya sendiri(Jenius ga sih????),tetapi yah....ga ada gelombang mengejutkan yang terjadi karna para ahli yang lain belum dapat menangkap teori ini dan menganggapnya terlalu rumit(teori ini memang muncul pada makalah berjudul self altering automata,judul makalahnya aja rumit apalagi isinya :P). Perkembangan justru terjadi pada bulan agustus 1961-an,dipelopori oleh Victor Vysottsky dan H. Douglas McIlroy, kemudian beberapa minggu kemudian si Robert Morris juga ikutan main(kenal dengan nama ini? betul dia adalah ayah dari Robert Tappan Morris si pembuat worm yang membuat geger di tahun 1988).saat itu para jenius di AT&T's Bell Lab membuat sebuah permainan yang diberi nama Darwin dimana permainannya adalah membuat program yang dapat merusak program lawan dan pemenangnya adalah orang yang mempunyai sisa program terbanyak.Program ini dibuat agar dapat "menyerang" program lawan dan juga punya kemampuan melindungi dirinya sendiri(memang dah mirip virus ya?, tapi saat itu belum ada istilah virus komputer).Para ahli ini benar-benar menyadari(seperti halnya Von Neuman) bahwa sangat mungkin dibuat program penghancur program!,tetapi kemudian mereka memilih menyembunyikannya dari publik karna mereka takut kerusakan yang diakibatkan oleh program ini dapat menyebabkan kekacauan.sehingga selesai permainan ini maka seluruh program ini dimusnahkan.Setelah cari beberapa referensi ternyata program dalam DARWIN diketahui diprogram dengan sebuah bahasa Low-Level khusus yang bernama REDCODE(kok mirip dengan worm itu yah?....) Selain kejadian di AT&T's Lab.Juga banyak peristiwa yang kemudian menjadi urban legend di dalam dunia komputer.
++++++++++ Mereka adalah Legenda! ++++++++++
Saya sengaja membuat cerita ini berdasarkan waktu kejadiannnya dan mudah-mudahan kronologis atau peristiwa yang saya sampaikan disini tidak salah(amien.........).kalo ada yang tau tentang informasi tambahan ada bahkan mengkoreksi tulisan ini maka saya memperkenankannya,silahkan saja!
Û DARWIN GAME Agustus 1961(Victor Vysottsky , H. Douglas McIlroy dan Robet Morris.Sr) Telah diterangkan diatas bahwa DARWIN merupakan nama yang diberikan oleh ketiga orang pelopor permainan ini.Mereka juga sempat menyebarkan selebaran yang mengundang segenap jenius komputer untuk memainkan permainan ini.pada selebaran itu tertulis tulisan yang sanagt menarik ini:
DARWIN: A GAME OF SURVIVAL AND (HOPEFULLY) EVOLUTIONPermainan ini sendiri menjadi inspirasi permainan yang juga sangat populer yaitu COREWAR yang digagas oleh A. K. Dewdney opada tahun 1984.DARWIN bisa dikatakan sebagai pewujudan dari idenya Jon Von Neumann dan program-program yang dipermainkan merupakan nenek moyang virus saat ini(retro virus),dimana program program ini selalu berusaha untuk bertahan hidup(dari serangan musuh,kalo sekarang AV kali ya?) dan juga berusaha untuk melawan(GO...VIRUS...!!!!).
Û GAME OF LIFE 1970 (John Conway) Game of life merupakan program yang menstimulasikan semacam makhluk hidup,dimana dia harus bertahan pada lingkungannya.selain itu dia dapat saja terbunuh di dalam lingkungan yang kosong(tidak dapat menunjang hidupnya) atau dia akan mengalami over populated pada lingkungan dimana dia dapat berkembang biak dengan cepat.meski program ini tidak berkembang biak ataupun menyerang(atau apapun teknik virus yang kita kenali sekarang) tetapi program ini bisa dikatakan sebagai bentuk awal dari rutin virus yang memang dipenuhi oleh rutin bersyarat.dan program ini menggunakan aturan yang membatasi dan mengatur persyaratan hidup,matinya "hewan" yang di stimulasikan.Simulasi yang diciptakan oleh Conway sangat mearik dimana "hewan" itu dapat bereproduksi juga dapat mati,dan perilaku ini melambangkan Birth,Survival,Death.
Û COOKIE BEAR(a.k.a COOKIE MONSTER) 13 oktober 1971 (Seth Stein,mahasiswa MIT) Seperti halnya GAME OF LIFE - nya Conway,Cookie Bear(banyak referensi yang salah mengartikannya dengan Cookie Monster,hal ini dikaitkan dengan Cookie Monster pada film SESAME STREET,tetapi kemudian diketahui bahwa sesame street belum muncul saat program ini di buat(atau justru pengarang SESAME STREET tau cerita ini?)),program ini tidak mempunyai kemampuan menyebarkan diri atau merusak file namun yang perlu dicermati dari program ini adalah kemampuannya menginterupt keyboard dan layar sehingga pada waktu tertentu(TIME BOMB juga kan?) program ini menampilkan gambar monster kecil yang berteriak-teriak(tampilan saja) "I WANT A COOKIE" dan pada saat itu program menunggu ketikkan "cookie" dari keyboard jika bukan kata itu yang diketikkan maka si monster akan marah dan tampilan tulisan "I WANT COOKIE" semakin membesar.
Û CREEPER(CATCH ME IF YOU CAN) AND REAPER 1971-1972 (Bob Thomas,R.Tomlinson) Bisa dikatakan Creeper ini adalah nenek moyang worm.Creeper menyebar pada ARPANET pada sysm operasi jaringan TENEX. Creeper menyebar dengan memanfaatkan modem yang menyambungkan dengan beberapa komputer.Sebenarnya yang diciptakan Bob Thomas hanya melintasi jaringan dan menampilkan pesan "I'm The Creeper Catch Me If you can" .Program ini dipakai pada maskapai penerbangan untuk membantu operator pada saat kenadali pesawat berpindah dari komputer satu ke komputer yang lain,maka bisa dikatakan program ini sangat berguna agar memudahkan operator.Kemudian versi program ini dikembangkan oleh R.Tomlinson,dimana program ini bukan hanya berpindah melintasi jaringan tetapi menyebarkan diri didalam jaringan.Namun karna menimbulkan banyak kekacauan(karna begitu banyaknya program ini didalam jaringan) maka di buatlah program "Reaper" yang akan menemukan kopian dari program "Creeper" dan memusnahkannya.Mungkin "Reaper" meruapakan bentuk awal dari AV!
Û THE RABBIT 1974 (Kelinci yang nakal!) Ini adalah peristiwa unik yang mungkin bagi beberapa ahli komputer yang mengetahui kisahnya tidak akan melupakan kejadian ini.Karna saya sendiri sangat sedikit mendapatkan dokumentasi tentang kejadian ini,maka hanya tahun dan kejadiannya saja yang saya dapatkan informasinya(karna memang kejadian ini sangat sedikit dokumentasinya atau saya tidak menemukannya ya?).Cerita bermula saat programer memasang program ciptaannya yang bernama "the rabbit".ada dokumentasi yang saya dapatkan mengatakan kalau program ini dinamakan the rabbit karna memang diciptakan hanya untuk berkembang biak(mungkin riset kali yah?) atau mungkin juga program ini kemudian dinamakan "the rabbit" karna kejadian ini,aku tidak tau pasti mana yang benar(karna dokumentasi yang sedikit :( .Kejadiannya saat program dijalankan pada komputer Mainframe(sangatbesar kemungkinan kalau ini digunakan untuk riset !) maka the rabbit akan mereplikasikan dirinya sendiri sebanyak mungkin. menyebabkan sumber daya system berkurang(besar kemungkinan juga komputer menjadi tidka dapat bekerja,karna kurang stabilnya komputer mainframe!).Sumber daya yang "termakan" ini menyangkut memory kerja dari computer mainframe.Menurut referensi yang saya dapatkan hal ini terjadi karna kesalahan pemrograman pada the rabbit ini. Selain itu the rabbit bisa dibilang hanya peristiwa lokal pada mainframe itu saja(tidak menyebar). Ternyata virus bagaimanapun bentuknya memang berbahaya juga ya?
Û PERVADING ANIMAL 1974-1975 (John Walker) Cerita dimulai ketika game yang bernama ANIMAL menjadi sangat populer pada komunitas pengguna komputer Univac 1100 series.game ini adalah game unik,dimana saat dijalankan maka game ini akan meminta anda membayangkan seekor hewan setelah beberapa saat maka game ini akan menanyakan beberapa pertanyaan(+/- 20 pertanyaan) yang menyangkut ciri-ciri hewan yang dibayangkan.maka setelah pertanyaan selesai dijawab game ini akan memberikan jawaban berupa nama hewan yang dibayangkan.Jika benar(dengan masukkan semacam Y/N dari user) maka program akan berlaku seperti game umumnya(Playa again?),namun keunikannya justru saat game ini memberikan jawaban yang salah (masukan dari user tadi),maka game ini akan meminta user memasukkan ciri-ciri hewan tadi dan setelah semua ciri-ciri dimasukkan maka game ini akan menambahkan database hewan miliknya dengan "hewan baru" dari user. Pada tahun 1975an,John Walker si pembuat game ini ingin membuat versi animal yang disebutnya sebagai "Animal to End All Animal Programs".Maksudnya dia akan membuat program animal baru dengan beberapa tambahan kemampuan game ANIMAL itu sendiri,selain itu juga ditambahinya subrutin "PERVADE" yang sangat unik.Dengan adanya subrutin pervade ini maka program animal yang baru akan berlaku sebagai berikut:
1.Game berjalan normal,namun selain itu subrutin pervade juga berjalan(dengan process sendiri)
2.Process ini akan "menscan" semua directory yang ada pada system
3.mencari directory yang bisa ditulisi,dan mencari apakah ada Game animal versi sebelumnya?
4.jika ada maka pada directory tersebut akan di kopikan versi terbaru dari game animal
5.Pun jika tidak ada game pada directory itu,maka game ini juga akan dikopikan.
Jadi game ini akan membuat kopian sebanyak mungkin pada directory yang ditemuinya.Bukan hanya itu yang unik Keunikan Univac OS ini sendiri juga membuat game ini menjadi susah dibasmi(saat itu).Pada univac ada fitur semacam autorun pada windows,sehingga hanya dengan mengakses directory nya saja maka program executable didalamnya akan dijalankan(padahal ada banyak kopian dari game animal!!!).sebagai tambahan,saat itu belum dikenal adanya disket yang ada adalah tape magnetic(pembuat game animal sendiri mengirimkan beberapa tape magnetic ini kepada para pemohonyang meminta versi terbaru dari game animal).
Û Xerox,palo alto worm 1979-1980(John Soch,Jon Hupp) Dua orang programer dari perusahaan Xerox membuat lima program yang mereka namakan worm(diambil dari novelnya John Bruner,The ShockWave Rider,1975).Maksud dari pembuatan worm ini adalaha untuk memberikan keefisienan kerja dari komputer.Dimana worm ini akan "tidur" pada siang hari(saat dimana jaringan komputer sedang padat) dan akan "bangun" pada malam hari dan melakukan beberapa tugas yang telah diprograms sebelumnya sehingga efektifitas tercapai Kelima worm ini ditujukan untuk saling membantu dalam aktifitasnya.seperti worm "town crier" yang mempunyai tugas memsuki jaringan untuk menampilkan pesan.dan worm "Vampire" yang jauh lebih kompleks.worm-worm ini akan menghentikanaktifitasnya saat fajar tiba dengan terlebih dahulu menyimpan semua hasil pekerjaannya.Walaupun John Soch dan Jon Hupp percaya mereka mampu mengendalikan worm mereka namun pada suatu hari terjadi kekacauan yang ditimbulkan oleh worm ini.
Û Elk Cloner 1981-1982 (Richard Screnta)Richard screnta adalah murid yang sangat usil,suatu kali dia menjahili teman-temannya dengan memberikan mereka game yang akan menjadi tidak dapat digunakan dan menampilkan pesan setelah beberapa kali main.Karna hal inilah membuat teman-temannya tidak ingin disket mereka "tersentuh" oleh screnta.Tidak habis pikir dia membuat program yang akan membuat kopian dari program itu sendiri ke tiap disket yang masuk ke komputer,ini memungkinkan screnta tidak menyentuh disket teman-temannya.Bisa jadi inilah salah satu bentuk awal virus bootsector(karena program ini hanya mampu menyebar pada disket bootable system operasi Apple][ ,kemungkinan juga ini adalah semacam fitur khusus dari OS itu.Selain itu jika Program ini terkopi pada disket yang bukan bootable,maka besar kemungkinan disket akan rusak isinya(tidak dapat digunakan) Cara kerja program ini memang mirip dengan virus bootsector,jika ada user yang memboot komputernya dengan disket terinfeksi maka tiap disket yang masuk kemudian akan diinfeksi oleh program ini.Program ini cukup menjadi epidemi di Texas,Screnta juga menyadari hal ini,karna gurunya sendiri menjadi korban keisengannya.Jika disket yang terinfeksi telah diboot sebanyak 50 kali maka program ini akan menampilkan pesan.Berikut pesannya:
ELK CLONER:
THE PROGRAM WITH A PERSONALITY
IT WILL GET ON ALL YOUR DISKS
IT WILL INFILTRATE YOUR CHIPS
Sejarah Virus Trojan